Dinosaurus, Badan Raksasa tapi Genom Pendek

WASHINGTON, SELASA – Sebagai raksasa yang pernah menghuni Bumi, dinosaurus ternyata hanya memiliki genom ( komposisi genetik ) yang sangat pendek dibandingkan makhluk modern yang hidup saat ini. Bahkan T-rex yang dikenal sebagai rajanya dinosaurus hanya memiliki genom yang hampir sama dengan burung.

Itulah gambaran hasil umum studi yang dilakukan para peneliti di Universitas Harvard, AS terhadap fosil 31 spesies dinosaurus dan burung yang telah punah serta 25 spesies hewan modern berkaki empat, dari amphibi hingga manusia. Chrisorgan dan timnya dapat memperkirakan ukuran genom spesies2 tersebut dengan melakukan ekstrapolasi hasil pengamatan struktur tulang sampai ukuran mikroskopis dari teknik statistik.

Hasilnya menunjukkan dinosaurus pemakan daging dari kelompok theropoda, seperti T-rex, Allosaurus, dan Deinonychus, memiliki genom yang hampir sama dengan burung modern. Jumlah genom yang sama juga ditemukan pada burung yang hidup sejaman dengan dinosaurus, seperti burung laut penyelam Hesperomis, maupun burung yang hidup setelah dinosaurus punah, seperti Diatryma yang berbadan besar namun tak bisa terbang.


Dikutip dari: Buku Teknologi Informasi dan Komunikasi 2, Kelas VIII. Yudhistira. Drs. Supriyanto.


0 comments:

okezone.com