Manusia Tidak Sempurna

Memang sudah selayaknya manusia diciptakan tidak sempurna. Memang sudah selayaknya manusia tidak bisa hidup sendiri.Manusia selalu membutuhkan manusia lain. Oleh karna itu manusia disebut sebagai makhluk sosial. Mengapa?

Hidup manusia sebenarnya memang sangat erat dengan bantuan manusia lain. Usaha seseorang pasti tak lepas dari bantuan orang lain. Manusia yang sukses dan kaya sekalipun, sewaktu lahir dibantu orang lain. Tapi mengapa terkadang orang - orang kaya masih berlaku sombong? Apa yang mereka sombongkan? Apakah mereka pantas menganggap orang - orang miskin sebagai orang tak berguna?

Mereka lupa akan bantuan dari orang - orang lain. Para tetangganya, orang - orang dekatnya, bahkan seorang pemulung pun ia lupakan jasanya. Padahal pemulung itu sudah membantunya untuk memunguti sampah - sampah yang dibuang mereka. Tapi mengapa disaat ada seorang kaya lain mengadakan hajatan, mereka datang dengan membawakan karangan bunga, sumbangan yang banyak, dan hadiah - hadiah lain. Untuk apa? Uang yang mereka gunakan untuk menyumbang sebenarnya tidak akan ada apa - apanya di tempat itu. Uang itu tidak akan merubah perekonomian pemilik hajatan, karena Ia orang kaya. Uang itu akan lebih berguna apabila diberikan kepada pengemis tua di pinggiran trotoar.

Sekecil apapun uang yang Anda berikan kepada pengemis, glandangan, atau anak yatim piatu, akan sangat berarti dan berguna bagi kehidupan mereka.

Memang, manusia merupakan makhluk ciptaan Allah yang paling sempurna. Lebih sempurna dari pada Iblis, Jin, Hewan dan Malaikat. Yang membedakan mereka dari makhluk lain tak lain dan tak bukan ialah akal pikiran dan wujud yang tidak ghaib. Tapi diantara manusia - manusia itu tidak ada yang sempurna. Setiap orang kaya pasti mambutuhkan orang miskin. Begitupun sebaliknya. Bahkan seorang ilmuan yang sangat cerdas pun tidak akan rampung menciptakan barang ciptaannya tanpa bantuan seorang tukang - tukang dengan intelegensi kurang dari ilmuan tersebut.

Apa yang terjadi bila manusia diciptakan sempurna?

Apabila manusia diciptakan sempurna akan terjadi hal - hal sebagai berikut:
1. Tidak adanya interaksi antar manusia
2. Manusia satu dan yang lain tidak akan saling membutuhkan
3. Semua manusia akan menjadi egois dan memiliki sifat individualistis.

Maka dari itu kita jangan melupakan bantuan - bantuan dari orang - orang di sekitar kita. Paling tidak kita bisa menyisihkan uang kita sedikit untuk membantu manusia - manusia yang kurang beruntung. Paling tidak kita bisa berbuat kebaikan dibulan penuh rahmat ini.

0 comments:

okezone.com