PONSEL Naikkan Resiko Tumor Otak? Benarkah?

Penggunaan ponsel dalam jangka panjang dapat menaikkan resiko terkena tumor otak. Sebuah study terbaru yang dilakukan ilmuwan Swedia. Penelitian ini sangat kontradiktif dengan riset yang pernah dilakukan sebelumnya.

Dewan Kesehatan Belanda meninjau dan mencatat perkembangan
penelitian seputar radiasi ponsel dari seluruh dunia. Tahun lalu penelitian menyebutkan radiasi dari ponsel dan menara TV tidak memiliki dampak buruk pada kesehatan. Sementara itu, penelitian yang dilakukan peneliti Inggris berdasarkan survei selama empat tahun yang dirilis Januari lalu, menyebutkan tidak adanya keterkaitan antara pengguna ponsel dalam jangka waktu lama dengan penyakit tumor.

Namun, penelitian tersebut kembali dimentahkan Swedish National Institute for Working Life yang meneliti penggunaan ponsel pada 905 orang pada kisaran 20-80 tahun telah didiagnosa mengalami tumor ganas dan menemukan keterkaitan di antara keduanya.

“Total dari 85 orang dari 905 kasus yang dikatagorikan sebagai pengguna ponsel dengan intensitas tinggi, dalam hal ini orang-orang yang sering menggunakan ponsel setiap waktu. Penelitian juga menunjukkan naiknya resiko terkena tumor pada bagian kepala yang sering digunakan untuk menggunakan ponsel. Kjell Mild, Ketua Studi, mengatakan mereka yang kemungkinan terkena resiko ini adalah para pengguna ponsel dengan kuantitas tinggi. Misalnya, mereka yang menggunakan ponsel sekitar 2 ribu jam dalam hidup. Mereka memiliki kecenderungan kenaikkan resiko menderita tumor ganas sekitar 240%, terutama pada sisi kepala yang sering digunakan untuk berponsel.

“Resiko ini cenderung menurun jika mereka sering menggunakan hansfree,” kata Mild seperti dikutip Reuters. Mild juga menyebutkan penelitian ini adalah yang terbesar pada penggunaan ponsel diseluruh Swedia sejak 1984, lebih lama dari yang selama ini pernah diteliti negara lain.


Sumber: rri-online (yang dikutip dari Cerdas Berpikir Bahasa dan Sastra Indonesia untuk SMA, kelas X, karangan Suyono, Ganeca Exact.)

0 comments:

okezone.com