Thai Movie: Sekilas tentang "Suck Seed"

Ada yang tahu film "Suck Seed" ?

Ya, Suck Seed adalah film thailand ber-genre komedi. Rilis pada 17 Maret 2011 (belum lama) di Thailand, film ini menceritakan kisah cinta segitiga antara tokoh-tokoh utamanya. Dibintangi oleh Jirayu Laongmanee, Nattasha Nauljam, Pachara Chirathivat,  dan Thawat Pornrattanaprasert. Film ini termasuk film yang sukses di negeri gajah putih tahun ini.

Alur dari pada film ini bisa dikatakan alur campuran, karena cerita di awali pada masa sebelum kelulusan SMA (2006an) kemudian flash back ke masa kecil (SD) dimana terjadi awal pertemanan antara Ped (Jirayu Laongmanee) dan Khung (Pachara Chirathivat) hingga SMA dan awal benih cinta antara Ped dan Ern (Nattasha Nauljam). Terjadinya kesalah pahaman dimana adanya gosip antara Ern dan Khung yang notabene teman akrab Ped. Kemudian Ern pindah
ke Bangkok dengan keduanya (dg Ped) masih sama sama memendam rasa. Cerita berlanjut ke awal SMA dengan teman yang sama. Khung adalah anak yang suka menuruti kata hati namun mudah bosan. Akhirnya Khung, Ped, dan X (Thawat Pornrattanaprasert) membentuk sebuah band yang diberi nama Khung and Friend. Ern yang kembali dari Bangkok membuat keduanya (Ped dan Khung) "bersemangat". Ped dengan watak yang pendiam, tidak berani berterus terang untuk menyatakan cintanya. Sementara itu, Khung selalu menuruti kata hatinya untuk menaklukan hati Ern (namun di tolak). Namun pada akhirnya, Ped berani menyatakan cintanya kepada Ern dan menjadi pacarnya.
Cerita berlanjut terus hingga Final Hotwave Contest (Lomba parade band tingkat SMA). Ern bersama kembaran dari Khung, Kay berhasil memasuki putaran final sebagai band posisi pertama. Nama band mereka adalah The Arena. Sementara itu, Khung and Friend berganti nama menjadi Suck Seed berhasil masuk keputaran final di  posisi 20. Di kontes itulah klimaks terjadi, dimana Ern dengan The Arena membawakan lagu yang diciptakan oleh Ped (kekasihnya). Mendengar lagu itu, Khung merasa terpukul karena orang yang dia cintai ternyata menjadi pacar teman baiknya yang pendiam. Sehingga, Khung semangat dalam pentas. Dibalik pertengkaran itu, The Arena keluar sebagai juara dan menjadi band pembuka Bodyslam (band thailand). Cerita terus berlanjut hingga masa kuliah (2011an). SMA mengadakan reuni, dengan The Arena sebagai penghibur. Ern dan Ped bertemu kembali kemudian mereka bersama kembali. Suck Seed yang telah bubar, kembali berdiri setelah usaha Ped menghibur kesedihan Khung berhasil.

Keunikan dari film ini adalah bergenre musika komedi, dimana kita bisa menikmati alunan lagu-lagu thailand sambil tertawa. Banyak tokoh-tokoh atau band-band papan atas Thailand yang terlibat dalam pembuatan film, seperti dalam soundtrack. Sebut saja Loso, Asanee Wasan, Big Ass, Modern Dog, Paradox, So Cool, No more tear, Bodyslam, dll. Keunikan kedua adalah awal alur cerita flash back yang di ambil dari tengah, bukan dari akhir. Misal: cerita di awali dari keadaan hot wave contest (2006) kemudian flash back, bukan dari akhir cerita (2011). Keunikan lain adalah, setting waktu cerita yang bisa ditebak dari hal-hal yang populer pada masa itu. Contoh: Pada SD (1998-2000an) masih nge-trend yang namanya Walkman Cassete dan Radio Tape / Tape Recorder besar. Masa SMA (2006an) sudah mulai menggunakan Radio kecil dengan lampu warna-warni di bagian soundnya dan Portable CD Player. Lulus SMA / beberapa tahun setelah kuliah (2011an) sudah mengenal iPod Nano.

Lengkapnya: Tonton Filmnya !!!!!!!!!!!!!!!!

0 comments:

okezone.com